Minggu, 01 September 2019

Review Rumah Belajar 1: Buku Seri Gemilang “Aku Ingin Tahu”


Review Rumah Belajar 1: Buku Seri Gemilang “Aku Ingin Tahu” 


Selamat siang bapak ibu sekalian, salam sehat…..salam semangat….salam VCI. Pada kesempatan ini saya akan membuat review materi-materi di rumahbelajar.id sebagai salah satu penugasan dalam pelatihan Virtual Coordinator Training Batch 5 Jateng-DIY. Review pertama ini saya ambil dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan judul “Aku Ingin Tahu” 
Mari kita mulai dari review pertama. Tim yang berperan dalam buku ini adalah Penulis   : Ignatia Prabani Setiowati, Ilustrator   : Saut Marpaung, Penyunting Naskah : Farika Pandji, Penyunting Ilustrasi: Grace Mailuhu dan Penyunting Bahasa : Wahyu Kuncoro. Tujuan penulisan  buku  bacaan  ini  diharapkan  dapat  membantu  anak  didik  agar  memiliki  kemampuan  minat baca  yang  tinggi.  Anak didik  diharapkan  bukan  hanya  memiliki kemampuan  memahami informasi  secara tertulis, tetapi juga kemampuan dalam memahami nilai-nilai budaya bangsa Indonesia. Terutama budaya dari  wilayah  ufuk  timur  Nusantara,  yaitu  budaya  Papua.
Buku ini menceritakan mengenai rasa ingin tahu seorang anak yang bernama Amos, Amos saat melihat suatu benda yang menimbulkan rasa ingin tahu nya, mengenai benda apakah itu. Dia bertanya dengan teman, orang tua dan guru mengenai benda tersebut dan akhirnya mencari bahan-bahan diperpustakaan untuk mendapatkan informasi yang lebih detail. Buku ini mengarahkan kepada anak untuk selalu berekplorasi dan bereksperimen untuk mengetahui hal-hal baru yang positif dan membangun budaya berani bertanya mengenai sesuatu hal agar mendapatkan informasi yang tepat.
Keunggulan dari buku ini adalah menumbuhkan rasa ingin tahu anak mengenai sesuatu hal dan mengarahkan diri untuk berani bertanya dan mencari informasi secara tepat. Cocok sebagai bahan bacaan anak-anak untuk menumbuhkan budaya literasi sekolah. Kekurangan dalam buku ini adalah ilustrasi gambar yang masih perlu diperhalus, dan belum adanya langkah anak untuk mengemukakan jawaban dari keingintahuannya. Saran untuk buku ini adalah adanya perbaikan pada gambar ilustrasi agar lebih menarik, adanya penulisan hasil dari informasi yang didapat dan menyampaikan ke teman-temannya agar tumbuh semangat anak untuk berani bertanya, mencari informasi dan mendemontrasikan.
Berikut Link STT (speech to text) dan TTS (text to speech) https://youtu.be/NXPqdU57l6Y
Terima Kasih Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar