Blogger Pages

Pages - Menu

Selasa, 31 Desember 2019

MENERAPKAN MIND MAPPING DALAM BELAJAR


MENERAPKAN MIND MAPPING DALAM BELAJAR
Oleh: Suwi Wahyu Utami, S.Pd



Pengertian Mind Mapping
Mind mapping merupakan salah satu metode yang memanfaatkan unsur visual dan grafis dalam memudahkan pemahaman sesuatu. Mind mapping biasa digunakan dalam pembelajaran disekolah, disusun siswa dengan menggunakan kertas kosong, ditentukan tema dan cabang tema-tema yang terkait dengan tema pokok pada suatu pokok materi.
Bobbi De Porter dan Hernacki menjelaskan, mind mapping merupakan metode pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnya untuk membentuk suatu kesan yang lebih dalam. Mind Mapping merupakan cara paling efektif untuk memasukkan informasi ke dalam otak, dan untuk mengambil informasi dari otak. Cara ini adalah cara yang kreatif dan efektif dalam membuat catatan, sehingga boleh dikatakan mind mapping benar-benar memetakan pikiran. Mind mapping adalah suatu teknik grafis yang memungkinkan kita untuk mengeksplorasi seluruh kemampuan otak kita untuk keperluan berpikir dan belajar.
Pengertian mind mapping di atas maka dapat disimpulkan bahwa mind mapping merupakan metode mencatat dengan meringkas materi yang akan dipelajari ke dalam bentuk peta atau metode grafik yang lebih mudah untuk dipahami dan diingat. Dalam konteks peminatan ini maka metode mind mapping diarahkan agar siswa menyusun peta pikiran yang sesuai dengan tema pokok setiap sesi layanan bimbingan dan konseling.



Keuntungan Menggunakan Mind Mapping
  1. Keuntungan penggunaan mind mapping adalah:
  2. Memberi ringkasan atas suatu subjek atau area yang luas.
  3. Memudahkan kita membuat rencana perjalanan atau suatu pilihan, dan membantu kita mengetahui tujuan kita dan posisi.
  4. Mengumpulkan sejumlah besar data dan meletakkannya di satu tempat.
  5. Memberi dorongan atas upaya pemecahan masalah dengan memberi kesempatan untuk melihat jalan-jalan keluar kreatif yang baru.
  6. Merupakan sesuatu yang menyenangkan untuk dipandang, dibaca, direnungkan dan diingat.



Langkah-langkah Menyusun Mind Mapping
Langkah-langkah menyusun mind mapping adalah sebagai berikut:
  1. Mulailah dari bagian tengah kertas kosong yang sisi panjangnya di letakkan mendatar
  2. Gunakan gambar atau foto untuk ide sentral.
  3. Gunakan warna yang menarik sehingga mind map lebih hidup, kreatif dan menyenangkan.
  4. Hubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat dan hubungkan cabang-cabang tingkat dua dan tiga ke tingkat satu dan dua, dan seterusnya.
  5. Buatlah garis hubung yang melengkung bukan garis lurus agar garis yang melengkung lebih menarik.
  6. Gunakan satu kata kunci untuk setiap cabang atau garis.
  7. Gunakan gambar, karena setiap gambar bermakna seribu kata.



Penyusunan mind mapping memerlukan penyiapan alat dan media yang mendukung. Alat-alat yang perlu dipersiapkan pada saat membuat mind mapping adalah: Kertas kosong tak bergaris, Pena dan pensil warna, tema pokok, dan Imajinasi. Manfaat mind map adalah fleksibel, dapat memusat perhatian, meningkatkan pemahaman, menyenangkan, lebih mudah mengingat suatu subyek, memusatkan perasaan (emosi), merupakan  impian yang konstruktif, dan merekam penilaian-penilaian anda.

Daftar Pustaka:
Buzan, Tony. (2013). Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

De Porter, Bobbi dan Mike Hernacki. (2005). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit Kaifa.

Video Mind Mapping


Power Point Mind Mapping



Quiz Mind Mapping

1 komentar: